Asal Usul Sepakbola Dunia dan Perkembangannya

Asal Usul Sepakbola Dunia dan Perkembangannya

Asal usul sepakbola memang jarang sekali orang mengetahuinya dengan pasti. Kapan pertama kali sepakbola ini diperkenalkan dan siapa yang pertama memulai olahraga ini. Kebanyakan dari orang saat ini hanya mengetahui siapa-siapa legenda sepakbola klasik zaman dahulu seperti Pele dan Maradona. Nama mereka memang masih melegenda hingga sampai saat ini karena mereka punya andil besar dalam perkembangan sepakbola dunia.

Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang paling banyak digemari oleh banyak orang di penjuru dunia. Mulai dari anak-anak sampai dewasa menyukai sepakbola. Tidak hanya didominasi oleh kaum Adam saja namun juga ada kaum Hawa yang menggeluti olahraga ini. Memang bukan hal yang terlihat lazim di mata ketika sepakbola ini digeluti oleh wanita. Karena sepakbola memang bisa dibilang olahraga yang keras. Saking kerasnya, sering terjadi cidera parah, dan pertikaian di tengah-tengah pertandingan.

Pada tahun sekitar 1365 Raja Edward III dari Inggris sempat melarang penduduk Inggris untuk memainkan olahraga ini. Karena pada saat itu dinilai olahraga ini hanya akan menimbulkan pertikaian saja bagi pemainnya. Padahal pada zaman itulah bisa dibilang sebagai asal usul sepakbola modern berkembang. Memang pada saat itu kelemahannya ada pada peraturan yang masih belum sekomplek sekarang ini sehingga olahraga ini seperti adu tendang saja.

Lalu pernyataan Raja Edward III ini juga diikuti oleh Raja James I dari Skotlandia pada tahun 1424. Dimana Raja James I ini memplokamirkan di parlemen saat itu, “Na man play at the Fute-ball”. Yang berarti siapapun tidak diperbolehkan bermain sepakbola. Sehingga pada masa-masa inilah sepakbola sempat berhenti dimainkan di wilayah ini.

Sebenarnya jauh sebelum olahraga sepakbola ini berkembang di Inggris, Dinasti Han di China sudah memainkan permainan yang hampir mirip dengan sepakbola. Dimana ada sekumpulan orang yang membawa bola yang terbuat dari kulit binatang dengan kaki lalu dimasukkan ke dalam sebuah jaring berukuran kecil. Pada dinasti Han inilah cikal bakal sepakbola ini terjadi. Karena permainan yang dilakukan pada Dinasti Han ini terjadi pada masa 2 atau 3 sebelum masehi. Jauh sebelum sepakbola yang dilakukan di daerah eropa. Namun pada masa diansti Han ini tentu mempunyai sistem permainan yang berbeda, bukan dengan sistem yang sama seperti saat ini.

Untuk asal usul sepakbola modern sebenarnya terjadi pada sekitar tahun 1863 dimana terjadi kompetisi untuk melombakan permainan ini. Mereka mengusung sebuah sistem kompetisi agar sepakbola ini menjadi lebih terorganisir. Kemudian permainan ini mulai berkembang dan di bawa oleh pelaut dan pedagang menuju daerah-daerah lainnya di penjuru dunia. Sehingga sepakbola bisa dikenal dengan baik seperti saat ini.

Setelah sepakbola menjadi olahraga yang cukup dikenal oleh banyak penjuru orang di dunia, maka dibutuhkan sebuah organisasi khusus sebagai pengelola. Kemudian pada tahun 1904 secara resmi asosiasi sepakbola dunia didirikan dengan nama Federation Internatioanale de Football Association atau biasa disingkat dengan FIFA. Organisasi ini berdiri di Prancis dengan kantor pusatnya berada di kota Zurich, Swiss. Pada awal berdirinya ini FIFA dipimpin oleh Robert Guerin.

Dalam catatan sejarah perkembangan sepakbola, memang organisasi seperti FIFA ini harus ada. Karena perkembangan olahraga ini sempat mengalami gangguan karena tidak adanya suatu naungan khusus. Dengan adanya FIFA ini, segala sesuatunya sudah berkiblat pada FIFA saat ini. Mulai dari kompetisi dan juga aturan main dalam sepakbola. Sampai saat ini, anggota FIFA telah berjumlah lebih dari 200 negara.

Posted in goal